Selamat menikmati informasi dari INFO PLUS

Jumat, 01 Juni 2012

Membuat Pembangkit Listrik Sendiri di Rumah

Pernahkah Anda ketika lagi enak – enaknya nonton TV, ngga ada angin ngga ada hujan tiba – tiba “pet” TV mati? Atau pernahkah Anda ketika pergi ke kamar mandi atau toilet di tengah malam, tiba – tiba “pet” lampu kamar mandi. Tentu saja hal ini bikin kesal, apalagi pas tanggal tua, duit lagi seret, mana lampu byar-pet. Tenang gan or Bro . .. setiap permasalahan pasti ada solusinya, buat atasi listrik padam untuk sementara waktu, manfaatin aja sepeda motor atau mobil buat pengganti sumber daya listrik sementara untuk menghidupkan peralatan, seperti : lampu, magig jar, TV, kulkas, kipas angin, dan kawan kawannya.Bagaimana caranya? Wah....penasaran nih, sabar dulu ya...

Caranya sangat mudah dan tidak ribet. Mari kita lanjutkan penjelasannya. Alat utama yang kita butuhkan adalah inverter dc-ac. Inverter adalah alat yang mengubah arus listrik searah (DC) alias listrik baterai/aki menjadi arus listrik bolak balik (AC) alias arus listrik PLN. Cara pemasangannya seperti gambar di bawah ini :

 

Nah, sekarang sepeda motor atau mobil kita berubah fungsi menjadi genset sementara, iya saya sebut genset karena di bagian mesin sisi bawah mobil/motor terdapat komponen semacam generator seperti pada genset, yang cara kerja dan fungsinya juga mirip dengan genset. Berdasar pengalaman, untuk suzuki satria FU150 , 1 liter bensin bersubsidi alias premium ( maklum, saya juga orang susah, hehe :D ) bisa dipakai sekitar 1 jam untuk beban 30 % ( misal inverter 1.000 watt dipakai untuk beban 330 watt ) bisa dipakai buat ngidupin 1 TV 14 inch 60 watt, 1 laptop, 2 buah lampu philip yang kaya ulir selama sekitar 2 jam.

Perlu dingat: Untuk lampu philip, TV, dan semua peralatan elektronik yang akan dinyalakan tersebut aya dibuatkan rangkaian tersendiri. Jadi tidak menjadi satu dengan rangkaian kelistrikan di rumah. Kalau  dijadikan satu dengan rangkaian listrik rumah, bisa terjadi korsleting. Caranya beli colokan gulung, trus lampu, TV, laptop dan peralatan elektronik yang akan dinyalakan nanti listriknya diambil dari colokan tersebut yang terhubung ke inverter di kendaraan kita. Oleh karena tidak jadi satu dengan rangkaian kelistrikan di rumah, maka pembangkit kita pun aman. SO, LISTRIK PADAM,, NO PROBLEM !!  Selamat berkarya dan tetap waspada!!

Nah, jika Anda memerlukan inverter, Anda bisa pesan di sini

(Sumber: http://zulfauzi.blogspot.com/2011/05/alternatif-atasi-listrik-padam.html dengan sedikit perubahan)

Mau Baca Yang Lain?



6 komentar:

Vei mengatakan...

umm... durasi sementara ya...?
boleh kan tanya?
berarti sumber energy-nya dari aki atau bbm mas bro?
"Motor Dihidupkan" maksudnya mesin juga menyala atau hanya Posisi Kelistrikan di motor aja yang menyala bro?

Thx.

Anonim mengatakan...

saya pernah mencoba namun jika aki sudah kosong dari awal maka gagal menyala.

admin mengatakan...

Logikanya memang bener.. tapi perlu di ingat juga Baterai motornya berapa volt yang di butuhkan Inverter.. terus batarainya masih bagus tidak karena berpengaruh terhadap asupan energy ke Inverter.. kalo baterai sudah lemah ya sama juga bo'ong.. terus tenaga dari motor genset juga di gas agak lebih agar mendapatkan strum ke Inverter cukup.

Kuncinya kalo mau gunakan teknik ini :
1. Baterai harus masih Fresh.
2. Gas / tegangan dari motor harus gede.
3. perhatikan tegngan yang di butuhkan Inverter dengan baterai motor.

Anonim mengatakan...

ak udah cb pakai motor fu 150,tp pas dipegang body pada bagian besinya nyetrum, knp ya?

Nonos Fukada mengatakan...

mak'nyoosss

sukron nasution mengatakan...

buang2 bensin mending di carger aja langsung ke pln

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design