Selamat menikmati informasi dari INFO PLUS

Jumat, 04 November 2011

Olahraga Apa Efektif Bakar Lemak?

Malas berolahraga, terutama bagi mereka yang bekerja ringan (di kantor dll) menyebabkan timbunan lemak. Lemak dapat tertimbun di seluruh tubuh, baik di bawah permukaan kulit dan di perut. Jika tubuh menjadi gemuk dan perut membuncit, orang baru terasa jika harus berolahraga, terutama untuk pelangsingan tubuh. Bahkan jika perlu menjalani diet ketat agar tubuh cepat menjadi langsing.


DALAM menjalani program pelangsingan tubuh atau diet, olahraga adalah salah satu faktor yang sangat menentukan. Dengan olahraga yang tepat dan rutin, tujuan pengikisan lemak dalam tubuh pun bisa berlangsung efektif.

Masih banyak orang terjebak anggapan bahwa jenis olahraga yang cepat membakar lemak adalah olahraga dengan intensitas tinggi dan mengeluarkan banyak keringat seperti lari cepat, bersepeda dengan kencang atau mungkin bulu tangkis berlama-lama.

¨Padahal pembakaran lemak yang efektif justru dapat terjadi melalui olahraga berintensitas rendah, namun dengan durasi yang cukup lama,¨ ungkap spesialis nutrisi klinis dan konsultan diet dr. Samuel Oetoro M.S. SpGK.

Olahraga yang paling efektif mengikis lemak tubuh, terang dr. Samuel, harus berintensitas rendah hingga sedang. ¨Anda bisa berjalan kaki santai di atas 30 menit, atau pun berenang dengan gaya dada pelan-pelan lebih dari setengah jam,¨ tandasnya. Supaya efektif, olahraga ringan ini minimal harus dilakukan lebih dari 30 menit.

¨Kenapa? Karena saat kita bergerak, tubuh menghabiskan energi dari glukosa (karbohidrat) dalam darah serta cadangan gula yang ada otot dan sel hati (glikogen). Cadangan ini baru akan habis bila Anda bergerak selama 30 menit,¨ jelasnya.

Nah, lanjut dr. Samuel, bila Anda melakukan olahraga ringan di atas 30 menit, kemungkinan besar tubuh akan mengambil energi dari sumber cadangan lain yaitu lemak.

Lalu, apa yang terjadi bila Anda melakukan olahraga berintensitas tinggi dalam waktu lama. ¨Yang justru terjadi bukanlah pembakaran lemak, namun protein dari otot,¨ jelas dr Samuel. Saat berolahraga berat seperti berlari, tubuh akan menghabiskan cadangan energi yang konstan dan cepat. Sementara sumber enegi cadangan ini hanya dapat diperoleh dari protein otot dan bukannya lemak.

¨Lemak tidak akan bisa menyediakannya karena metabolismenya berlangsung lambat. Oleh karena itu, program diet tidak akan efektif dengan berolahraga berat, karena yang dibakar justru bukan lemak,¨ ungkapnya. Jadi, buat Anda yang ingin menurunkan berat badan, lakukanlah olahraga ringan secara teratur di atas 30 menit.

Mau Baca Yang Lain?



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design