Selamat menikmati informasi dari INFO PLUS

Sabtu, 02 Juli 2011

Jembatan Terpanjang di Dunia: Jembatan Teluk Jiaozhou

Jembatan Teluk Jiaozhou (atau Jembatan Qingdao Haiwan) yang dibuka pada 30 Juni 2011 merupakan jembatan terpanjang di dunia. Jembatan Teluk Jiaozhou merupakan sebuah jembatan di Provinsi Shandong, Republik Rakyat Cina. Jembatan ini menghubungkan Distrik Huangdao, Kota Qingdao, dan Pulau Hongdao dengan melintasi Teluk Jiaozhou. Jembatan ini memiliki panjang 42.5 kilometer (26,4 mil), sehingga memotong jarak dari Qingdao ke Huangdao sebesar 31 kilometer (19 mil), dan memotong waktu perjalanan tersebut dari 40 menit menjadi 20 menit. Jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di dunia yang melintasi badan air versi Guinness Word Records menggeser Jembatan Danau Ponchartrain.

Menurut China Central Television, stasiun televisi pemerintah China, jembatan dengan lebar 35 meter itu merupakan jembatan terpanjang. Saat dibangun, proyek memakan biaya hingga di atas US$1,5 miliar atau sekitar Rp12,8 triliun.

Dikutip dari CCTV, 1 Juli 2011, jembatan itu berhasil lolos penilaian konstruksi pada Senin, 27 Juni lalu. Jembatan dan juga terowongan bawah tanah segera dibuka untuk lalu-lintas kendaraan, sehari setelahnya.

Untuk dapat berdiri, Jiaozhou Bay ditopang oleh lebih dari 5.000 pilar. Adapun pengerjaan jembatan tersebut baru dapat dituntaskan setelah 4 tahun pembangunan.

Menurut catatan Guinness World Records, pemegang rekor sebelumnya untuk kategori jembatan di atas perairan adalah jembatan danau Ponchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat. Dibandingkan dengan jembatan tersebut, Panjang Jembatan Teluk Jiaozhou ini 4 kilometer lebih panjang daripada jembatan danau Ponchartrain.

(sumber: vivanews, wikipedia.)

Mau Baca Yang Lain?



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design