Selamat menikmati informasi dari INFO PLUS

Sabtu, 18 Juni 2011

Jamur 'SpongeBob' Ditemukan di Hutan Kalimantan


Jamur ini ditemukan di dalam hutan hujan, di bawah sebuah pohon, bukan di dasar laut seperti tempat tinggal Spongebob Squarepants, spons bercelana kotak, tokoh dalam film animasi televisi Amerika. Namun bentuknya yang berongga banyak seperti spons amat mirip dengan binatang laut tersebut sehingga spesies baru jamur itu diberi nama Spongiforma squarepantsii.


“Jamur itu ditemukan di hutan Kalimantan,” kata Dennis Desjardin, peneliti San Francisco State University. Dia memperkirakan masih banyak spesies lain, yang memiliki karakter unik dalam dunia jamur, belum ditemukan hingga saat ini.

Berbentuk seperti spons laut, S. Squarepantsii ditemukan pada 2010 di the Bukit Lambir di Sarawak, Malaysia. Spesies jamur itu memiliki warna jingga terang, meski warnanya dapat berubah menjadi ungu bila diperciki zat kimia kuat. Baunya sepintas seperti buah-buahan atau bau jamur yang sangat tengik,” kata Desjardin dan timnya dalam jurnal Mycologia.

Di bawah mikroskop pemindai elektron, area penghasil spora pada jamur itu tampak seperti tube sponge di dasar laut, sehingga para ilmuwan memperoleh gagasan untuk menamainya seperti Bob, si spons laut yang terkenal itu.

(sumber: tempointeraktif.com)

Mau Baca Yang Lain?



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design