Selamat menikmati informasi dari INFO PLUS

Kamis, 11 November 2010

Tata cara Perpanjangan SIM A/C di Polres Klaten: Mudah dan Cepat

SIM sebagai salah satu syarat dan perlengkapan wajib pengemudi mempunyai masa berlaku 5 tahun. Terkadang kita lupa jika tidak sering menengoknya. Seperti yang saya alami. Wah. . . ternyata SIM saya sudah habis masa berlakunya (mati 3 bulan).

Belum lama ini aku urus perpanjangan SIM di Polres Klaten. Urus saja sendiri prosesnya mudah dan cepat, Cuma perlu waktu 90 menit (1,5 jam) asal datang lebih awal kira-kira jam 08.00 pagi. Bagi Anda yang belum pernah melakukan atau sudah pernah tapi lupa, berikut ini saya berikan tata cara mengurus perpanjangan SIM A/C, kebetulan saya (11 November 2010) baru saja melakukannya.


  1. Siapkan fotokopi KTP dan SIM, masing-masing 2 lembar. Masukkan dalam stopmap warna biru. Tidak perlu repot membawa dari rumah, di koperasi sudah tersedia, baik fasilitas fotokopi maupun stopmap (Rp1000). Pada stopmap tuliskan nama dan alamat Anda. Oh, ya jangan lupa membawa bolpen, ya.
  2. Mendaftar di loket cek kesehatan, disini membayar Rp20.000, dan mendapat nomor antrian cek kesehatan.
  3. Masuk ke ruang cek kesehatan dengan menunjukkan berkas dan nomor antrian cek kesehatan. Di sini disuruh membaca huruf tekek (untuk mengetahui buta warna atau tidak), berupa angka. Jika Anda tidak buta warna, Anda akan dapat membaca setiap angka yang ditunjukkan. Kalau ternyata buta warna , gimana ya?? Apa kita tidak bisa meneruskan proses selanjutnya?? (Saya belum tahu, karena saya lolos tahap ini)
  4. Menuju loket I (Pengambilan formulir) dengan menyerahkan berkas yang berisi: SIM asli dan 2 lembar fotokopinya, KTP asli dan 2 lembar fotokopinya, dan Bukti cek kesehatan.
  5. Dari loket I Anda memperoleh formulir untuk diisi. Isilah semua data yang diperlukan. Setelah formulir diisi lengkap langsung menuju loket BRI. Oh ya, untuk kolom cap jempol tidak perlu diisi. Nanti diisi saat menerima SIM yang baru.
  6. Antri di loket BRI. Anda tidak perlu keluar dari POLRES, di sana sudah ada layanan BRI, jadi pelayanan satu atap gitu. Untuk SIM C biayanya Rp75.000,00 untuk SIM A Rp80.000,00. Di sini kita memperoleh tanda pembayaran sesuai SIM yang kita maksud.
  7. Menuji loket II (Pengembalian formulir). Masukkan semua berkas dalam stopmap biru termasuk bukti pembayatan BRI. Anda diminta menunggu sebentar, menunggu panggilan.
  8. Dari Loket III akan terdengar nama Anda dipanggil, segera datang dan Anda akan mendapatkan nomor antrian untuk foto.
  9. Menunggu antri foto, biasa dipanggil 5 orang, misalnya nomor 1-5.
  10. Di ruang foto ada dua alat pemotret dan dua petugas. Anda minta menempelkan jempol kanan dan kiri secara bergantian di alat scan, kemudian tanda tangan. Setelah itu Anda diminta menunggu diluar, SIM Anda sedang diproses.
  11. Dengarkan panggilan dari loket IV (Pengambilan SIM), jangan jauh-jauh dari loket IV agar dapat mendengar panggilan untuk mengambil SIM.
  12. Setelah mendapat panggilan dari loket IV, segera datang, SIM Anda sudah jadi. Di sini Anda diminta membubuhkan cap jempol kanan (pada formulir yang tadi diisi). Oh ya lupa, Anda juga diminta membayar dana social PMI Rp2.000,00
  13. SIM baru Anda sudah jadi dan . . . siap untuk mengemudi. Kalau mau SIM Anda bisa langsung di-laminating di koperasi (dekat pintu keluar). Laminating bisa melindungi SIM Anda dari kerusakan, misalnya huruf luntur karena gesekan dengan dompet.
Nah, gampang kan? Selain cepat, murah lagi. Total biaya yang saya keluarkan Rp102.000,00. Walaupun SIM A saya mati 3 bulan tidak ada denda.


Mau Baca Yang Lain?



2 komentar:

AGUS NUGROHO mengatakan...

sedikit menambahkan untuk info diatas. untuk perlengkapan tersedia dikoperasi dan disitu juga ditawari untuk membayar asuransi dari PT Bhakti Bayangkara sebesar Rp32.000. untuk biaya cek kesehatan Rp.25.000 dan tempat ceknya di luar area polres seberang jalan depan pintu masuk,, juga ketika ambil sim yang baru jadi, di loket IV kok ga diminta dana social PMI ya,, he he he sekian semoga bermanfaat.

Popok Bayi mengatakan...

Informasinya sangat berguna mas, sayang saya tadi gagal ujian teori untuk SIM C. Besok pagi boleh ujian ulang, kalo masih gagal lagi, 2 bulan lagi baru boleh mengulang lagi.Kalo masih gagal juga, biaya SIM (100ribu-SIM baru) dikembalikan..

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design