Selamat menikmati informasi dari INFO PLUS

Selasa, 29 Juni 2010

Biopori: Mudah Dibuat, Tapi Besar Manfaatnya


Apakah Biopori itu?
Lubang biopori adalah lubang yang dengan diameter 10 sampai 30 cm dengan kedalaman 80 sampai 100 cm yang ditutupi sampah organik yang berfungsi untuk menjebak air yang mengalir di sekitarnya sehingga dapat menjadi sumber cadangan air bagi air bawah tanah, bagi tumbuhan di sekitarnya serta dapat membantu pelapukan sampah organik menjadi kompos.

Adanya lubang resapan biopori dapat menjadi alternatif untuk menambah cadangan air tanah. Bukan hanya itu, lubang resapan biopori juga dapat membantu mengendalikan banjir, menambah kesuburan tanah, serta mencegah erosi dan tanah longsor.

Lubang biopori sangat efektif untuk menampung air di daerah perkotaan, yang nota bene sangat jarang dijumpai tanah terbuka. Hampir semua tanah tertutup bangunan, aspal, atau paving block.

Bagimana cara pembuatan biopori?
Cara Pembuatan Lubang Biopori Resapan Air sebagai berikut.

  1. Buatlah lubang silindris di tanah dengan diameter 10-30 cm dan kedalaman 80-100 cm serta jarak antar lubang 50-100 cm. Agar hasilnya bagus, gunakan bor khusus untuk pembuatan biopori.
  2. Mulut lubang dapat dikuatkan dengan semen setebal 2 cm dan lebar 2-3 centimeter serta diberikan pengaman agar tidak ada anak kecil atau orang yang terperosok.
  3. Lubang diisi dengan sampah organik seperti daun, sampah dapur, ranting pohon, sampah makanan dapur non kimia, dsb. Sampah dalam lubang akan menyusut sehingga perlu diisi kembali dan di akhir musim kemarau dapat dikuras sebagai pupuk kompos alami.
  4. Jumlah lubang biopori yang ada sebaiknya dihitung berdasarkan: a) besar kecil hujan, b) laju resapan air, dan c) wilayah yang tidak meresap air dengan rumus : intensitas hujan (mm/jam) x luas bidang kedap air (meter persegi) / laju resapan air perlubang (liter / jam).
(Sumber: http://organisasi.org; biopori.com)

Mau Baca Yang Lain?



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design