Selamat menikmati informasi dari INFO PLUS

Sabtu, 12 September 2009

27 Spesies Anggrek di Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri yang terletak di Jember dan Banyuwangi, Jawa Timur, menyimpan kekayaan flora dan fauna yang sangat mengagumkan. Belum lama ini staff Staff taman nasional Meru Betiri telah melakukan inventarisasi spesies anggrek yang ada di taman itu. Dari hasil inventarisasi tersebut, di taman nasional Meru Betiri ditemukan 27 spesies anggrek, ungkap Heri Subagiadi, kepala TNMB, di Jakarta, Senin.

"Ke-27 jenis anggrek tersebut tumbuh sangat baik pada sejumlah pohon di kawasan TNMB," katanya. Di antara spesies anggrek tersebut antara lain: Cleisostoma subulatum Bi (foto kanan), Corymborkis veratifolia Bi, Cymbidium sp, Dendrobium crumenatum (foto kiri), dan Flickingeria.



Kegiatan inventarisasi itu dilakukan di taman Banealit (Jember) dan Sarongan (Banyuwangi).

"Kami berencana melakukan inventarisasi spesies anggrek di seluruh wilayah dari taman nasional seluas 58.000 hektar bekerjasama dengan lembaga lain," katanya.

Indonesia memiliki lebih dari 4.000 jenis anggrek, yang tersebar hampir di setiap bagian dari kepulauan. Kalimantan (Borneo) adalah pulau terkaya dalam jumlah spesies anggrek di dunia, Sumatra memiliki 986 spesies, Jawa lebih dari 971, 123 ditemukan di Maluku di bagian timur Indonesia dan Provinsi Papua memiliki lebih dari 1000, terutama Dendrobium dan Liparis.

Mau Baca Yang Lain?



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design