Selamat menikmati informasi dari INFO PLUS

Rabu, 22 Juli 2009

Objek Wisata di Purwokerto


Setelah mendapat gambaran tentang kota Purwokerto, marilah kita menuju lokasi wisata terkenal di Purwoketo, yaitu Baturaden. Di Baturaden ini kita bisa menikmati berbagai jenis wisata, yakni:

1. Pancuran 3 (Telu)
Di pancuran ini mengalir air panas yang mengandung belerang. Selain untuk merasakan kehangatan, wisatawan berkunjung ke sana juga untuk menikmati khasiat belerang untuk mengatasi berbagai penyakit kulit dan tulang.

2. Pancuran 7 (Pitu)
Terletak 2,5 km dari lokawisata Baturaden. Tempat rekreasi ini menyuguhkan keindahan alam dan hutan yang didukung dengan adanya Pancuran 7 sebagai tempat wisata husada.

3. Goa Sarabada
Beranjak dari pancuran 7 menelusuri jalan setapak, wisatawan dapat menikmati kesegaran air hangat dan dingin di Goa Sarabadak, dengan bebatuan warna keemasan yang menajubkan.

4. Telaga Sunyi
Telaga Sunyi terletak +/- 3 km di sebelah timur lokawisata Baturaden. Tempat rekreasi ini menyajikan telaga yang indah dan berair dingin. Selain itu, pada musim-musim tertentu dapat dijumpai aneka warna kupu-kupu dan capung yang beterbangan di sekitar telaga.

5. Curug Cipendok
Objek wisata alam ini berupa air terjun dengan ketinggian 92 m yang dikelilingi pemandangan alam dan hutan yang indah.

6. Curug Ceheng
Objek wisata ini menampilkan keindahan air terjun yang diselingi dengan maraknya satwa lawa (kelelawar) yang beterbangan.

7. Pemandian Kali Bacin
Objek wisata ini merupakan peninggalan sejarah zaman Belanda, terbukti dengan prasastinya. Dikenal dengan nama Wisata Husada, karena wisatawan di samping dapat menikmati keindahan alamnya sekaligus dapat menyembuhkan penyakit kulit dan tulang.

Jika Anda berkunjung di Purwokerto jangan lupa mencicipi makanan khas di kota ini. Selain bisa dinikmati di tempat, bisa juga dibawa pula sebagai oleh-oleh buat keluarga dan sahabat. Apa saja makanan khas di Purwokerto?

1. Mendoan dan Keripik
Makanan Purwokerto yang asli adalah mendoan, suatu tempe goreng setengah matang dan di- makan panas-panas bersama cabe rawit. Jika mendoan secara penuh digoreng kering disebut keripik. Purwokerto juga dikenal sebagai kota keripik, sebab hampir sukar untuk menemukan keripik di luar kota Purwokerto.

2. Dage

Dage adalah jenis makanan varian dari tempe dengan campuran material kelapa. Dage umumnya dimakan sebagai makanan kecil atau sarapan yang ditemani cabai rawit. Makanan ini biasanya dijual bersama pisang (gedhang) goreng, dan ubi manis atau munthul goreng. Makanan itu adalah rasa eksotis.

3. Gudeg Purwokerto
Jika mendengar sebutan gudeg biasanya orang langsung menunjuk makanan asli dari Yogyakarta, tetapi Purwokerto juga mempunyai gudeg, tentu saja dengan cita rasa yang berbeda. Gudeg purwokerto dijual sekitar jam 7 pagi dan akan dijual habis di sekitar jam 10 pagi. Gudeg khasPurwokerto terdiri dari beberapa campuran: ayam, telor, tahu, dan krecek, tergantung pada piilihan Anda. Gudeg dapat dinikmati di lokasi penjualan atau dibawa pulang (dan dapat di bungkus untuk dimakan di rumah).

4. Serabi
Serabi terbuat dari campuran santan dan gula jawa yang dibakar. Rasa serabi nya adalah terkenal dan tak terlupakan juga. Kadang-Kadang, antrian yang dibentuk hanya untuk mencicipi serabi pagi-pagi. Serabinya akan dijual habis di sekitar 7 - 8 pagi.

5. Gethuk Sokaraja
Gethuk merupakan makanan khas yang terbuat dari ketela dan gula. Pembuatannya memerlukan keahlian khusus. Gethuk khas Sokaraja bentuknya seperti bola kecil dengan rasa sangat manis. Makanan jenis ini banyak dijual di kota Sokaraja (sekitar bagian timur kota Purwokerto). Karena kebanyakan toko di Sokaraja menjual gethuk, Sokaraja terkenal sebagai kota gethuk.

Mau Baca Yang Lain?



4 komentar:

Rental Mobil di Purwokerto Banyumas mengatakan...

wiihh sip bgt ya.kalo butuh armada mobil untuk jalan-jalan,silahkan hub kami.tq.

iyan siswanto mengatakan...

terimakasih atas infonya........

sewamobiljogja mengatakan...

Nice blog

terimakasih infonya

salam kenal

mampir ke blog saya

ditunggu lho

:)

sewamobiljogja mengatakan...

makasih infonya salam kenal

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design