Selamat menikmati informasi dari INFO PLUS

Jumat, 24 Juli 2009

Mengubah Hobi Menjadi Ladang Bisnis


Apakah hobi Anda? Ya, setiap orang mempunyai hobi (kegemaran) yang berbeda-beda. Tahukah Anda banyak pengusaha sukses bermula dari hobi? Memang, hobi yang ditekuni dapat mendatangkan bisnis. Sebagai contoh jika Anda senang memancing, Anda bisa membuka toko yang menyediakan perlengkapan pancing, bahkan jika perlu Anda dapat mengajari orang menjadi pemancing yang andal. Jika Anda penggemar burung berkicau, Anda dapat menjadi penangkar burung atau juri pada perlombaan burung. Tentu saja Anda harus benar-benar pakar dalam menjalani hobi Anda, paling tidak lebih dari teman-teman Anda.

Contoh di atas jika kita bicara tentang bisnis off line, bagaimana dengan bisnis online? Apakah hobi dapat dijadikan ladang bisnis online? Buatlah hobi Anda menjadi sumber uang di internet. Jadikan hobi Anda bisnis besar dan menghasilkan keuntungan tinggi.

Sekali lagi, usaha-usaha (bisnis) yang diawali dari hobi umumnya berbuah kesuksesan. Ini karena mereka mencintai pekerjaannya dan bersemangat untuk terus belajar menyempurnakan kemampuannya.

Tentu saja tidak semua hobi bisa jadi usaha. Hobi yang bagaimanakah yang dapat dijadikan bisnis? Sebelum memutuskan untuk membuat hobi Anda menjadi bisnis, coba ajukan pertanyaan-pertanyaan ini ke diri sendiri terlebih dulu.

1. Apakah Anda bersedia melakukan sesuatu yang berulang-ulang terus?
Diharuskan mengerjakan sesuatu secara berulang-ulang dengan baik tentu sangat berbeda dengan mengerjakan aktivitas rekreasi (hobi) tanpa tekanan dan tanpa target bisnis.
Kenapa hal ini penting? Karena untuk menjadikan hobi sebagai usaha anda dituntut untuk mengerjakannya berulang-ulang dan terus-menerus. Boleh jadi anda memiliki pelanggan yang berbeda-beda setiap harinya, namun permintaan mereka biasanya hampir sama satu dengan lainnya. Maka kunci pertama menjadikan hobi sebagai usaha adalah sanggup istiqomah atau terus-menerus
Nah, tentu saja jika ingin mengubah hobi menjadi bisnis, Anda harus siap dengan konsekuensi ini.

2. Apakah hobi Anda cukup berharga untuk dijadikan bisnis?
Beberapa hobi mungkin memiliki nilai jual tinggi, namun sebagian yang lain sama sekali tak dibutuhkan oleh pasar. Untuk menilainya, anda harus melakukan penelitian pasar terlebih dahulu. Apakah ada yang berminat dengan hobi anda atau justru malah sebaliknya hobi anda tak memiliki peminat sama sekali. Jika ini yang terjadi, sebaiknya tidak dipaksakan daripada hasilnya nihil nantinya.

Walau begitu, jika anda memiliki kecintaan yang besar terhadap hobi anda dan kemampuan marketing anda bagus, hobi tersebut masih berpeluang dalam memperoleh keuntungan. Mc Donald dulu harus menanggung malu karena ditertawakan orang karena menjual donat yang berhias bahkan ada yang tak memiliki lobang. Tapi sekarang, retailnya sudah menyebar hampir ke seluruh dunia.

3. Apakah hobi Anda bisa tetap memotivasi Anda dalam menjalankan bisnis hingga 15-20 tahun mendatang?
Tantangan nyata dalam menjalani bisnis yang berasal dari hobi adalah bagaimana membuat hobi tersebut tetap menantang, menarik dan berarti sebagai bisnis dalam 15-20 tahun mendatang.
Untuk itu, buat daftar mengenai hal-hal yang paling menarik dan menantang bagi Anda. Lalu tetapkan satu atau dua ide paling potensial yang bisa memotivasi Anda dalam menjalankan bisnis.

4. Apakah Anda tetap akan menikmatinya walau…. ?
Usaha yang akan anda laksanakan haruslah tetap menarik walau telah berlangsung puluhan tahun. Jika anda mulai kehilangan ketertarikan pada hobi anda, maka itu adalah awal dari kebangkrutan bisnis anda. Maka cobalah lihat kembali apakah hobi anda begitu menariknya hingga anda takkan kehilangan kecintaan padanya meski telah ditekuni puluhan tahun

Intinya, memang tidak ada yang salah dengan membuat hobi menjadi bisnis. Hanya saja matangkan konsep, lakukan market research dan rancang business plan sebelum menjalankannya.

Hal penting lainnya adalah memiliki pengetahuan bagaimana memasarkan bisnis Anda baik secara offline maupun online. Karena tanpa marketing yang tepat, tidak ada orang yang akan membeli produk Anda.

Sekarang coba tanyakan pada diri Anda, berpeluangkah hobi Anda menjadi bisnis? Jika ya, tidak ada salahnya untuk segera mencoba. Jika tidak, sebaiknya anda jangan memaksakan hobi Anda menjadi ladang bisni. Selamat Mencoba!

Mau Baca Yang Lain?



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design