Selamat menikmati informasi dari INFO PLUS

Sabtu, 25 Oktober 2008

MENGAPA MEMILIH ELPIJI?

Beberapa waktu yang lalu beberapa daerah mengalami kelangkaan minyak tanah. Tak ayal lagi keadaan ini menyebabkan banyak ibu rumah tangga kelimpungan. Betapa tidak, mereka menggantungkan pada minyak tanah untuk memasak setiap harinya. Oleh karena kelangkaan ini, beberapa ibu RT terpaksa mengantri berjam-jam di depo minyak tanah, hanya untuk mendapatkan 5 liter minyak tanah. Panas dan hujan tidak dihiraukan lagi. Nah, ini bukti bahwa ibu RT bertanggung jawab atas ketersediaan masakan di rumahnya. Pengorbanan yang luar biasa ini patut kita hormati. Kita (sebagai anak) sangat zalim jika berani sama orang tua (maaf rada nglantur ya!).


Terkait dengan kelangkaan itu, entah kebetulan atau tidak, pemerintah dalam hal ini PERTAMINA mengadakan proyek konversi minyak tanah dengan ELPIJI. Pertamina memberikan secara cuma-cuma kepada seluruh masyarakat berupa satu kompor gas + 1 tabung elpiji isi 3 kg. Kini semakin banyak masyarakat menggunakan ELPIJI untuk memasak.



Apa kelebihan ELPIJI dibanding bahan bakar lain?
Penggunaan bahan bakar ELPIJI secara benar, akan membuat kegiatan di daput terasa lebih nyaman dibandingkan sebelumnya. Selain dapur tampak lebih modern, dengan menggunakan bahan bakar ini dapur akan lebih bersih, resik dan lebih hemat dibandingkan bahan bakar lainnya. ELPIJI merupakan pilihan yang terbaik dan layak untuk dicoba.


Bahan bakar gas cari ELPIJI mempunyai ciri khas: sensitif terhadap api, mudah terbakar, tidak berwarna, dan berbau. Untuk mengetahui kebocoran pada tabung gas, bahan bakar ini diberikan aroma khusus (gas MERCAPTANE) yang berbau seperti petai. Bau ini amat menusuk hidung, sehingga bila tabung bocor dapat segeraterdeteksi dan dapat ditanggulangi secepatnya.

Kompor ELPIJI berpemantik api otomatis, membuat anda tidak perlu menyediakan korek api setiap hari. Bahan bakar gas ELPIJI tidak meninggalkan sisa pembakaran seperti bahan bakar lainnya. Ruangan dapur anda akan terjamin kebersihannya. Daya pemanas ELPIJI mampu menghasilkan 60%. Artinya memasak dengan ELPIJI membutuhkan waktu lebih sedikit dibanding dengan bahan bakar lainnya.

Kepuasan memasak yang optimal, tidak hanya karena anda telah menggunakan bahan
bakar ELPIJI saja. Kebersihan dan keapian dapur merupakan syarat utama yang perlu mendapat perhatian. Keinginan anda memasak cepat dan tepat tidak akan tercapai bila tidak didukung suasana dapur yang asri serta sarana memasak yang memadai. Bahan bakar ELPIJI menjanjikan banyak kemudahan dan kenyamanan dibanding bahan bakar lainnya. Kemudahannya tidak perlu susah payah menggu api kompor menyala dengan sempurna. ELPIJI menghasilkan pemanasan yang lebih cepat dari bahan bakar biasa. Selain itu, tekanan uap ELPIJI-pun lebih tinggi.


Kesimpulannya: bahan bakar ELPIJI lebih nyaman karena karena beberapa alasan berikut.
 Tidak berasap dan berjelaga.
 Tidak meninggalkan kotoran pada penggorengan dan tembok (jika letak kompor berdekatan dengan tembok). Sehingga peralatan memasak dan dapur tampak bersih sepanjang hari.
 Polusi dapur berkurang.
 Tidak membuat kotor dan bau pada masakan.
 Daya pemanasannya cukup tinggi, sehingga menjamin efisiensi kerja yang cukup tinggi pula.
 memasak dengan ELPIJI membutuhkan waktu lebih sedikit dibanding dengan bahan bakar lainnya.
 Gas ELPIJI lebih efektif dibandingkan bahan bakar lainnya. Menurut perhitungan, konsumsi pemakaian bahan bakar gas untuk keperluan rumah tangga sekitar 150 - 200 gram gas ELPIJI setiap jamnya.

Bagaimana Menggunakan ELPIJI dengan benar?
Sepintas lalu, tampaknya bahan bakar gas ini berbahaya. Namun anda tidak perlu khawatir, dengan penggunaan yang tepat bahan bakar ini justru menghemat waktu, memudahkan anda saat memasak dan aman bagi anda sekeluarga. Perhatikan dengan benar tips berikut ini agar Anda nyaman menggunakan kompor ELPIJI.

TELITI DAN RAJIN. Periksalah selalu posisi Slang, Klem, Value (Klep) serta Regulator maupun tabung ELPIJI anda. Tindakan ini akan berguna untuk mengetahui secara dini seandainya terjadi kebocoran. Sekaligus untuk menghindari kebocoran pada Slang ataupun pengaturan aliran gas di kompor maupun alat pemanas air anda. Apabila terdapat indikasi bahwa kompor anda kurang beres, bawalah segera ke ahli reparasi kompor langganan anda.

SIRKULASI UDARA. Pembakaran dengan ELPIJI membutuhkan sirlkulasi udara yang sempurna. Idealnya di dapur, terdapat jendela lebar atau pintu. Patut diperhitungkan di sini, berat jenis ELPIJI lebih besar dibandingkan udara. Oleh karena itu, disediakannya semacam lubang (Ventilasi) pada dinding dapur yang dekat dengan permukaan lantai sangatlah penting. Perlu diingat agar letak tabung gas ELPIJI tidak berdekatan dengan sumber api.

JAGALAH KEBERSIHAN. Penampilan gas ELPIJI serta kompor gas yang apik, hendaklah diimbangi dengan dapur yang tampak selalu bersih. Dapur yang selalu bersih dan rapi membuat anda merasa nyaman dan betah di dalamnya. Bersihkan selalu kompor gas dari tumpahan minyak goreng, sisa makanan yang tercecer serta kerak (arang) sisa pembakaran. Bagian Stainless kompor gas dapat dibersihkan dengan kain kering. Bila sulit, gunakanlah sedikit air sabun, lalu bersihkan kembali dengan lap kering. Pan Supports dapat dicuci dengan air, sedangkan bagian atas Burner dapat dibersihkan dengan sikat.

SLANG ELPIJI. Slang penghubung antara regulator dan kompor terbuat dari karet khusus dengan rekomendasi dari dealer ELPIJI. Tidak dibenarkan memakai slang dari bahan plastik. Cegahlah slang dari gigitan tikus. Karena tumpahan makanan maupun masakan dapat mengundang binatang pengerat ini, maka bersihkanlah selalu sekitar kompor anda. Usahakanlah pula agar slang tidak tertindih tabung atau benda lain dan tidak terkena benda tajam.

HINDARI KEBAKARAN. Pada saat peralatan ELPIJI aktif, jauhkan kompor dari benda-benda yang mudah terbakar. Gunakanlah kompor hanya untuk memasak. Jangan sekali-kali dipakai untuk mengeringkan handuk, sepatu, kain, atau menyulut rokok, dan semacamnya.

Cara Menghemat Pemakaian ELPIJI
Banyak ibu rumah tangga yang mengeluh bahwa ELPIJI di rumahnya cepat habis. Ada yang bilang: jangan-jangannya isinya dikurangi. Ah, jangan menuduh begitu, tak baik itu. Coba periksa kembali pemakaian ELPIJI di rumah kita. Sebaiknya perhatikan langkah untuk menghemat penggunaan bahan bakar gas ELPIJI berikut ini.
 Nyala api jangan melewati wadah yang sedang dipanasi. Aturlah klep udara hingga api berwarna biru terang.
 Atur pemakaian gas atau besar kecilnya api sesuai kebutuhan.
 Setelah kompor tidak digunakan, tombol penyalur gas pada Regulator harus dimatikan
 (OFF).
 Perhatikan saat memasang regulator ke mulut tabung ELPIJI, bila terjadi desisan dan tercium bau khas ELPIJI berarti ada kebocoran pada tabung tersebut. Segera tabung diangkat keluar rumah dan laporkan pada dealer ELPIJI anda.
 Pada saat membeli tabung ELPIJI pastikan bahwa segelnya masih utuh dan pastikan pula berat bersih sebesar 3 kg atau12 kg, dengan cara menimbang tabung isi dikurangi berat tabung yang tertera pada tabung.
Dengan mengikuti cara-cara di atas, maka bahan bakar ELPIJI dapat anda gunakan secara hemat dan aman serta nyaman.

Bagaimana cara memasang regulator dengan benar?
REGULATOR Merupakan alat pengatur tekanan gas yang keluar dari botol/tabung. Dalam keadaan terpasang, gas dengan tekanan tinggi dalam botol sudah berhubungan dengan regulator. Gas akan keluar bila katup dibuka. Kapasitas jumlah gas yang keluar dari regulator sebesar kurang lebih 2,0 Kg per jam. Konsumsi untuk kompor rumah tangga berkisar antara 150 s/d 200 gram ELPIJI per Jam.

Perhatikan langkah-langkah untuk memasang regulator berikut ini.
 Lepaskan tutup plastik dari valve silinder dengan cara menarik tali plastik yang ada pada tutupnya, hingga terlepas dari valve.
 Letakkan regulator pada kedudukan ridak terkunci pada valve silinder.
 Putar arah regulator searah jarum jam (ke kanan) hingga tombol pada posisi mendatar (regulator dalam posisi tertutup dan terkunci pada valve silinder).

Bagaimana cara menyimpan dan merawat tabung ELPIJI?
Menyimpan dan merawat tabung ELPIJI perlu diperhatikan. Hal ini perlu dilakukan dengan keamanan dan kenyamanan kita dalam menggunakan ELPIJI.
 Menyimpan tabung ELPIJI (isi atau kosong) harus pada ruangan yang mempunyai ventilasi cukup baik.
 Tidak boleh terkena terik matahari, pengaruh panasnya oven, atau semacamnya yang dapat menaikkan suhu di sekitar tempat penyimpanan tabung ELPIJI.
 Tabung harus dalam keadaan berdiri.
 Hindari dari nyala api yang terbuka (lampu minyak, rokok, dsb).

Sumber: http://www.smun8.net dengan perubahan seperlunya.

Mau Baca Yang Lain?



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design